Scroll untuk baca artikel
Nasional

Sistem Disiplin PNS Perlu Dikaji Ulang

46
×

Sistem Disiplin PNS Perlu Dikaji Ulang

Sebarkan artikel ini

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menilai masih longgarnya sistem pengawasan disiplin pegawai negeri sipil (PNS) memberi ruang untuk terjadinya penyelewengan. Untuk itu, Menkeu akan merekomendasikan sistem tersebut dikaji ulang oleh Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

“Perlu ada yang kami kaji ulang dan perbaiki, yaitu terkait disiplin PNS. Kalau ada pegawai yang salah, penanganan diatur dalam PP No. 53. Itu kalau ada kesalahan administratif,” ujar Agus di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 11 April 2013.
Dia menegaskan, terkait dengan disiplin pegawainya, semua instansi tidak boleh pandang bulu. Mulai jajaran atasan hingga pegawai paling rendah harus mendapatkan perlakuan yang sama.
“Kalau itu terkait dengan atasannya atau siapa pun kami akan tindak,” tegas Agus yang terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018.
Untuk itu, meskipun prihatin dengan terus terungkapnya kasus-kasus ketidakdisiplinan di institusinya, Agus menyambut baik penegakan hukum yang dilakukan. “Di sidang pengadilan, kiranya dapat diberikan hukuman agar ada efek jera,” tuturnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap Pargono Riyadi, pegawai golongan IV B Ditjen Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Pusat, Selasa malam 9 April 2013. Bersama dia, KPK juga menangkap tiga pihak swasta dan uang yang diduga suap Rp125 juta. (viva.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *